Rabu, 29 Januari 2014

KWPLH ( KAWASAN WISATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP ) KM.23 Balikpapan. KALTIM

KawasanWisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)

Kawasan ini merupakan kawasan konservasi Beruang Madu atau yang dikenal dengan nama ilmiah "Helarctos Malayanus" . Hewan ini tergolong salah satu satwa yang dilindungi didunia.
Berbeda dengan tempat pemeliharaan beruang madu lainnya, enclosure Beruang Madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) yang menempati area seluas 1.3 ha. ini dirancang sedemikian rupa agar mendekati kondisi habitat yang sesungguhnya.


Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) terletak di Km.23 Jalan raya Balikpapan-Samarinda. KWPLH mempunyai (lima) ekor beruang madu yang semuannya merupakan beruang yang pernah ditangkap dan dikomersialisasikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain enclosure beruang madu, Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan "mini information center beruang" (pusat informasi beruang) yang didesain khusus untuk pengunjung memahami dan belajar jenis - jenis beruang di Seluruh dunia. Kawasan ini sebagai sarana wisata pendidikan keluarga baik untuk usia dewasa maupun anak - anak.

Agar bisa melihat beruang secara langsung, sebaiknya anda sudah berada di menara intai beberapa menit sebelum pukul 09.00 pagi (Wita) atau pukul 15.00 (Wita) karena pada saat itulah beruang di lepaskan (tetap dalam pagar hutan yang aman) untuk diberikan makanan. Makanan beruang madu ini adalah buah buahan seperti Nanas, mangga, pisang dan buah lainnya, walau beruang madu tergolong hewan omnivora (pemakan segala ) namun di kawasan ini selalu di suguhkan makanan buah untuk beruang - beruang. 

si imut beruang madu
makanan beruang ini di taruh di sisi ranting pohon yang ditempatkan di pinggir pagar agar pengunjung dapat menyaksikan atraksi beruang dalam melahap makanan. hehehe 
tapi,  Beruang ini sangat pemalu. Jika pengunjung berisik atau ribut, maka beruang pun akan masuk kembali kedalam dan menjauh. maka dari itu selalu di ingatkan kepada pengunjung untuk tetap menjaga ketenangannya. Sekedar informasi penting, Beruang Madu merupakan icon kota Balikpapan teman - teman...
rumah kucing


peraturan di kawasan
kucing lucuu... :))
Pengunjung bukan hanya melihat beruang di kawasan ini, kita juga dapat mengunjungi Rumah Kucing. Rumah kucing ini adalah rumah yang didiami oleh kucing - kucing yang dibuang oleh masyarakat sekitar di kawasan ini. Eits, jangan salah.. Kucing ini telah diberi suntik vitamin ( ciee.. gaya bener haha), di sterilisasi dan dimandikan secara berkala oleh pihak pegawai KWPLH ini teman - teman. Nah, buat te,man - teman yg ingin mengadopsi kucing cantik dan ganteng ini, cukup membayar dana adopsi sebesar Rp. 300.000 anda sudah bisa membawa pulang 1 kucing disana. Bagaimana ? Penasaran dengan kawasan ini? Ayooooo.... Datang ke KWPLH Beruang Madu Balikpapan ya teman - teman.. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar